Demam Black List Dalam Dunia Perhotelan

Demam Black List Dalam Dunia Perhotelan
 
 
Pembaca yang baik hati nya , saat ini kami menulis beberapa tanggapan kami tentang orang-orang yang sudah tidak di terima bekerja lagi di dunia perhotelan, yang mana nama-nama mereka sudah tersebar di berbagai Hotel-sehingga tidak bisa berkarir lagi di dunia perhotelan.
 
Tulisan kami ini berdasarkan kisah perjalanan karir pribadi dan hasil wawancara dengan orang-orang yang sudah di Black List di berbagai property.
 
Pada umum nya menurut kami, dalam sebuah property Hotel yang biasa mengeluarkan daftar black list ini adalah GENERAL MANAGER dan segelintir bawahan/anak buah dari General Manager.
 
Beberapa orang tentunya sangat takut mendengar apabila nama nya di black list.
Beberapa alasan yang membuat orang takut di black list adalah sebagai berikut:
 
1. Takut tidak mendapatkan pekerjaan lagi
2. Takut karirnya terhambat
3. Takut karena tidak memiliki keahlian yang memadai
4. Takut Karena tidak memiliki banyak teman
5. Takut tidak ada penghasilan lagi,  dan masih banyak lagi alasan lain yang membuat orang takut di black list dalam perjalanan karir nya.
 
Beberapa Kesalahan karyawan, karyawati yang membuat sampai dirinya di black list:
 
1. Di pecat karena mencuri
2. Di Pecat karena berkelahi
3. Mengundurkan diri secara tiba-tiba
4.Lari meninggalkan Pekerjaan tanpa pemberitahuan
5. Dan masih banyak lagi alasan nya yang masuk akal maupun tidak masuk akal
 
Di Blak List karena mencuri dan berkelahi, itu adalah kesalahan karyawan/ti sendiri, dan tidak bisa di tolelir dan itu merupakan sebuah kenyataan yang harus di terima, namun apabila Mengundurkan diri secara tiba-tiba, karena memiliki alasan yang jelas, maka tidak layak untuk di black list. Sebagai contoh orang tua sakit keras, kemudian minta ijin cuti kepada atasan tapi atasan tidak memberikan ijin karena ada dendam pribadi, akhirnya sang karyawan/ti harus undur diri secara tiba-tiba, namun dengan keputusan itu ada kala nya di black list juga.
 
Selanjutnya di BLACK LIST karena:  "Lari meninggalkan Pekerjaan tanpa pemberitahuan" modus ini lagi nge-trend zaman ini sehingga , hal ini harus di teliti secara mendalam sebelum di black list, begitu juga dengan properti yang menerima lamaran pekerjaan dari yang bersangkutan ketika melamar pekerjaan, harus menilai secara objective bukan hanya sepihak, siapa tahu orang  tersebut membawa keberuntungan buat bisnis anda.
 
Sebagai profesional yang bijaksana ( GM,HRM dan lain nya)  tentunya harus menggali dasar alasan, mengapa sampai orang tersebut lari meninggalkan Pekerjaan tanpa pemberitahuan, letak kesalahan nya berada di pihak yang mana ??? sehingga karyawan/ti tersebut melarikan diri.
 
Dari jaman dahulu sampai sekarang, yang melarikan diri tanpa pemberitahuan itu bukan hanya dari rank file saja, namun level Department Head dan General Manager banyak juga yang lari tanpa pemberitahuan.
 
Beberapa nara sumber yang kami wawancara mengatakan bahwa, beberapa kali dirinya di black list di berbagai properti Hotel Chain, namun dirinya tidak berkecil hati karena sesungguhnya kebenaran ada dalam dirinya sehingga dia lari meninggalkan properti tanpa pamit.
 
Beberapa alasan yang di katakan mengapa sampai dia lari meninggalkan pekerjaan tanpa pamit adalah sebagai berikut:
 
1. Untuk posisi General Manager biasa nya  lari meninggalkan pekerjaan tanpa pemberitahuan karena:
 
a.Sang Owner tidak mensuport sepenuhnya operasional
b.Owner cari-cari kesalahan General manager
c.Owner tidak suka lagi dengan kepemimpinan nya
d.Dan juga yang paling lasim memiliki Hubungan Cinta Terlarang dan di cari Massa untuk di gebukin.
 
2. Untul Level Departement Head dan sejenis nya, lari meninggalkan pekerjaan tanpa pemberitahuan karena beberapa hal,  antara lain :
 
a. Flow pekerjaan tidak sesuai dengan daftar kontrak
b.Gaji yang di bicarakan tidak sesuai dengan kenyataan
c.General manager selalu menekan dan melindungi departement head lain yang nota bene adalah teman nya sendiri sejak lama.
d.General manager tidak mensuport operasional
e.General manager menunjukkan gelagat tidak suka dengan departement head tersebut
f.General manager pilih kasih dan  sengaja sering-sering cari kesalahan departement tersebut
g. Dan masih banyak lagi yang lain nya termasuk  memiliki Hubungan Cinta Terlarang dan di cari Massa untuk di gebukin.
 
Untuk karyawan Level Grade C dan Rank File biasa penyebab nya sampai mereka lari meninggalkan Pekerjaan tanpa pemberitahuan adalah sebagai berikut :
 
1. Gaji yang ter tunda terus
2. Pembagian service charge yang tidak merata
3. Tekanan dari atasan yang sangat tinggi
4. Atasan yang punya dendam pribadi
5. Bertengkar dengan rekan kerja tapi tidak mau di ungkapkan
6. Atasan pilih kasih dan suka cari-cari kesalahan nya.
7. Masih banyak juga alasan lain termasuk memiliki Hubungan Cinta Terlarang dan di cari Massa untuk di gebukin.
 
Itulah beberapa alasan yang bisa kami tulis disini berdasarkan hasil wawancara dengan orang-orang yang sudah di black list di berbagai tempat.
 
Ada pepatah mengatakan bahwa di atas langit masih ada langit, yang artinya meskipun "DIA SEBAGAI GENERAL MANAGER, TENTUNYA ADA JABATAN YANG LEBIH BEPENGARUH dari GENERAL MANAGER.
 
Sebagai contoh di hotel Chain, ketika General manager Unit melakukan Black list kepada salah satu orang lalu menyebarkan daftarnya ke semua General manager, banyak juga general manager yang tidak produktif atau menelan mentah-mentah laporan dari General manager unit lain nya, padahal ada alasan lain yang lebih pantas mengapa sampai karyawan dan karyawati tersebut melarikan diri meninggalkan pekerjaan nya tanpa pamit.
 
Lebih parah lagi apabila yang bersangkutan telah mengundurkan diri sesuai prosedur, namun karena dendam pribadi sehingga menyebarkan berita bohong agar yang bersangkutan di black list. Hal ini tidak hanya berlaku pada posisi general manager, namun berlaku di level bawah nya.
 
Apabila di perusahaan anda ada orang yang sudah di black list melamar pekerjaan, alangkah baik nya bersikap terbuka dan menanyakan alasan kenapa sampai beliau melarikan diri dari pekerjaan, meskipun orang tersebut tidak di terima untuk bekerja setidak nya bisa mengetahui alasan nya.
 
Tidak selama nya orang yang di Black List itu Salah, terkadang Orang yang  melakukan Black List lah yang Salah.
 
Berkat dan anugerah TUHAN bukan hanya ada di properti yang melakukan  black list, tapi di tempat lain juga memiliki banyak berkat dan anugerah yang kuasa.
 
Roda dunia terus berputar, lakukan lah yang baik dan benar, untuk kehidupan kita bersama, masing-masing orang memiliki kekurangan dan memiliki kelebihan, saling berbagi, dan salinglah memaafkan satu sama lain, karena manusia hidup untuk menghidupkan orang lain.
 
 
 
Salam Hotelier