Keluh Kesah Tempat makan Karyawan Hotel
"Employee Dinning Room"
Setiap Hotel tentunya memiliki area tempat makan bagi karyawan nya. Saat
ini saya menulis sesuai dengan pengalaman saya berkerja di berbagai Hotel dan
menilai seperti apa perbandingan Properti yang satu dengan yang lain nya, tentang
hidangan makan untuk Karyawan.
Setiap karyawan yang makan di dalam EDR memiliki alasan tersendiri, ada yang Sedang Jam Kerja, ada yang, lembur, ada yang baru datang sudah makan duluan, bahkan ada yang libur sekalipun datang ganti baju, makan sebentar lalu pulang, di karena kan di tempat Kos kehabisan bahan makanan dan dompet lagi bolong.
Beberapa EDR hotel telah di lengkapi dengan Fasilitas
hiburan, ada Band, Ada TV, Ada Playstation dan fasilitas lain nya, yang meja , kursi
dan alat hidang nya kualitas nomor satu dan ada juga yang kualitas nomor
satu dari belakang, alias jelek . hehehhe.
Ada beberapa hotel yang SOP nya menyatakan bahwa jangan
siapkan tempat yang nyaman untuk Karyawan agar mereka tidak lama-lama dalam
EDR, atau tidak beristirahat dalam waktu yang lama, dan langsung kembali ke operasional,……wuihhhh ……jahat
nya….? tapi ada benarnya juga, karena ada karyawan yang suka istirahat
lama-lama sampai ketiduran karena EDR nya ada sofa dan memiiki tempat makan
yang paling nyaman, sehingga karyawan lupa kalau dia lagi bekerja.
Jadi biasa nya kalo EDR nya jelek, para karyawan nya Complaint sana , complaint sini, tahu ngak kalimat yang bisa di sebutkan??? “ kita ini Asset Perusahaan jadi Harus Bikin Yang nyaman dong, EDR kok Jelek Begini????
Nah Apa yang terjadi ketika EDR di buat Bagus dan nyaman??
Karyawan jadi lupa diri kalo dia sementara kerja, kalo ngak di cari ngak mau
keluar dari EDR….
Nah..... Kalo tadi saya membahas mengenai property nya EDR, masih
banyak lagi yang lain nya, namun sekarang kita lihat bagaimana dengan Makanan
nya.
Pertama kalo kebanyakan ikan dalam menu, para karyawan
mengeluhkan Ikan “ Apa kata nya,?? “Kita
ini Asset Perusahaan masak di kasi makan
ikan terus???...hahahhhaha
Selanjutnya Setiap Hari di ganti-ganti menu lauk nya dengan
menu Indonesia, tetap karyawan mengeluh lagi “ Kita ini asset Perusahaan kok
menu nya begini terus, coba kalo
Chinese Food!!!.... HRD menanggapi dengan senyum dan melaporkan ke General Manager.
Dalam Morning Briefing terjadilah pembahasan yang sengit
antara management mengenai makanan EDR, Akhirnya
di rubah lagi susunan menu nya dengan fariasi, satu hari Indonesian Food
dan satu hari Asian Food.
Tahukah anda apakah masalah makanan nya sudah selesai???
tidak selesai juga, tahukah anda cara Complain nya lagi “ Kita ini Asset
perusahaan kenapa makanan nya begini??? coba kalo ada soto Ayam???...atau " aduh..
saya ngak bisa makan daging, saya ngak bisa makan ayam, saya ngak bisa makan
ini –itu nanti tumbuh jerawat …….hahahahha .HRD puyeng …..
Akhirnya Menu EDR yang biasa di masak di Hotel di Pindahkan
ke CATERING ( atau sebaliknya). Awal nya karyawan sangat senang dengan menu catering, tapi itu
hanya sementara saja, sebulan berjalan, kejadian nya terjadi kembali seperti kejadian di atas, dan akhir nya pemilik
catering menghentikan supply catering nya, dan Berkata…"Suruh Makan
pasir dan batu aja karyawan hotel Bla-bla-bla….." hahahahha.
Nah …! Menurut Analisa kami selama berkerja di berbagai
tempat, kejadian seperti ini sudah mendarah daging bagi karyawan hotel
, sehingga para karyawan yang sering –sering
mengeluh, perlu konsultasi ke Psikiater , karena mungkin saja terjadi ganguan
kejiwaan.
Bertahun-tahun saya berkarir dan akhirnya saat ini saya
bekerja sini (“bla-bla-bla),yang mana makanan EDR nya menurut saya berbeda dari pada biasanya, namun semuanya Kita harus Mensyukuri
sehingga kita bisa mendapatkan hikmat
yang nyata dalam hidup ini.
Coba anda sebagai karyawan hotel yang EDR nya nyaman, makanan nya berbentuk Buffet, tapi tetap anda
mengeluh dan mengeluh selalu , kemudian anda melihat EDR yang lain nya , yang lebih
sangat sederhana , namun karyawan nya selalu mengucap syukur bisa makan, mengucap syukur bisa meng-ganjal
perut mereka seharian bekerja.
Apa yang akan anda katakana pada diri anda?? Pernahkah anda berpikir tentang hal itu??..............
Bagi anda karyawan
Hotel yang sudah mendapatkan fasilitas EDR yang nyaman sesuai kemampuan perusahaan, syukurilah itu ucapkan
terima kasih, dan jangan mengeluh.
Mereka makan dengan penuh ucapan syukur, tanpa ngomel dan merendahkan tempat kerja mereka. Meskipun makanan nya
hanya berupa sebungkus nasi namun di makan dengan penuk nikmat serta ucapan
syukur, makanan itu menjadi daging yang baik dalam tubuh kita, dari pada makan
makanan buffet tapi mengeluhnya sampai langit ke tujuh, belum di nikmati
makanan nya udah jadi (“maaf “ Tai).
Pesan Kami buat anda
yang saat ini bekerja di Hotel dan makanan EDR NYA sangat layak sesuai
kemampuan perusahaan, harus di syukuri dengan segenap hati.
Coba anda bayangkan apabila Hotel tersebut sudah tidak bisa menyediakan makanan buat anda, apalagi tidak bisa membayar gaji anda? apa yang terlintas di benak anda?? Anda Pindah ke hotel lain dan terjadi seperti itu juga... apa yang anda bisa bayangkan??
Keajaiban akan terjadi ketika anda mengucap syukur dalam segala hal.
Amin
Salam Hotelier Sahabat Ku