Keluh Kesah Tempat makan Karyawan Hotel


Keluh Kesah Tempat makan Karyawan Hotel
"Employee Dinning Room"


 
Setiap Hotel tentunya memiliki  area tempat makan bagi karyawan nya. Saat ini saya menulis sesuai dengan pengalaman saya berkerja di berbagai Hotel dan menilai seperti apa perbandingan Properti yang satu dengan yang lain nya, tentang hidangan makan untuk Karyawan.



Setiap karyawan yang makan di dalam EDR memiliki alasan tersendiri, ada yang Sedang Jam Kerja, ada yang, lembur, ada yang baru datang sudah makan duluan, bahkan ada yang libur sekalipun datang ganti baju, makan sebentar lalu pulang, di karena kan di tempat Kos kehabisan bahan makanan dan dompet lagi bolong.

Beberapa EDR hotel telah di lengkapi dengan Fasilitas hiburan, ada Band, Ada TV, Ada Playstation dan fasilitas lain nya,  yang meja , kursi  dan alat hidang nya kualitas nomor satu dan ada juga yang kualitas nomor satu dari belakang, alias jelek . hehehhe.

Ada beberapa hotel yang SOP nya menyatakan bahwa jangan siapkan tempat yang nyaman untuk Karyawan agar mereka tidak lama-lama dalam EDR, atau tidak beristirahat dalam waktu yang lama,  dan langsung kembali ke operasional,……wuihhhh ……jahat nya….? tapi ada benarnya juga, karena ada karyawan yang suka istirahat lama-lama sampai ketiduran karena EDR nya ada sofa dan memiiki tempat makan yang paling nyaman, sehingga karyawan lupa kalau dia lagi bekerja.


Jadi biasa nya kalo EDR nya jelek, para karyawan  nya Complaint sana , complaint sini, tahu ngak  kalimat yang bisa di sebutkan??? “ kita ini Asset Perusahaan jadi Harus Bikin Yang nyaman dong, EDR kok Jelek Begini????

Nah Apa yang terjadi ketika EDR di buat Bagus dan nyaman?? Karyawan jadi lupa diri kalo dia sementara kerja, kalo ngak di cari ngak mau keluar dari EDR….

Nah..... Kalo tadi saya membahas mengenai property nya EDR, masih banyak lagi yang lain nya, namun sekarang kita lihat bagaimana dengan Makanan nya.

Pertama kalo kebanyakan ikan dalam menu, para karyawan mengeluhkan Ikan  “ Apa kata nya,?? “Kita ini Asset  Perusahaan masak di kasi makan ikan terus???...hahahhhaha

Selanjutnya Setiap Hari di ganti-ganti menu lauk nya dengan menu Indonesia, tetap karyawan mengeluh lagi “ Kita ini asset Perusahaan kok menu nya  begini terus, coba kalo Chinese Food!!!.... HRD menanggapi dengan senyum dan melaporkan  ke General Manager.

Dalam Morning Briefing terjadilah pembahasan yang sengit antara management mengenai makanan EDR,  Akhirnya  di rubah lagi susunan menu nya dengan fariasi, satu hari Indonesian Food dan satu hari  Asian Food.

Tahukah anda apakah masalah makanan nya sudah selesai??? tidak selesai juga, tahukah anda cara Complain nya lagi “ Kita ini Asset perusahaan kenapa makanan nya begini??? coba kalo ada soto Ayam???...atau " aduh.. saya ngak bisa makan daging, saya ngak bisa makan ayam, saya ngak bisa makan ini –itu nanti tumbuh jerawat …….hahahahha .HRD puyeng …..

Akhirnya Menu EDR yang biasa di masak di Hotel di Pindahkan ke CATERING ( atau sebaliknya). Awal nya karyawan sangat senang dengan menu catering, tapi itu hanya sementara saja, sebulan berjalan, kejadian nya terjadi kembali seperti  kejadian di atas, dan akhir nya pemilik catering  menghentikan  supply catering nya, dan Berkata…"Suruh Makan pasir dan batu aja karyawan hotel Bla-bla-bla….." hahahahha.

Nah …! Menurut Analisa kami selama berkerja di berbagai tempat, kejadian seperti  ini sudah mendarah daging bagi karyawan hotel , sehingga  para karyawan yang sering –sering mengeluh,  perlu konsultasi ke Psikiater  , karena mungkin saja terjadi ganguan kejiwaan.

Bertahun-tahun saya berkarir dan akhirnya saat ini saya bekerja  sini (“bla-bla-bla),yang mana  makanan EDR nya  menurut saya berbeda dari pada biasanya,  namun semuanya Kita harus Mensyukuri sehingga  kita bisa mendapatkan hikmat yang nyata dalam hidup ini.

Coba anda sebagai karyawan hotel yang EDR nya  nyaman, makanan nya berbentuk Buffet, tapi tetap anda mengeluh dan mengeluh selalu , kemudian  anda melihat EDR yang lain nya , yang lebih sangat sederhana , namun karyawan nya selalu mengucap  syukur bisa makan, mengucap syukur bisa meng-ganjal perut mereka seharian bekerja.

Apa yang akan anda katakana pada diri anda?? Pernahkah anda berpikir tentang hal itu??..............

Bagi  anda karyawan Hotel yang sudah mendapatkan fasilitas EDR yang nyaman sesuai  kemampuan perusahaan, syukurilah itu ucapkan terima kasih, dan jangan mengeluh.

 Coba anda perhatikan Foto-foto ini:

 


Mereka makan dengan penuh ucapan syukur, tanpa ngomel dan merendahkan  tempat kerja mereka. Meskipun makanan nya hanya berupa sebungkus nasi namun di makan dengan penuk nikmat serta ucapan syukur, makanan itu menjadi daging yang baik dalam tubuh kita, dari pada makan makanan buffet tapi mengeluhnya sampai langit ke tujuh, belum di nikmati makanan nya udah jadi  (“maaf “ Tai).

Pesan  Kami buat anda yang saat ini bekerja di Hotel dan makanan EDR NYA sangat layak sesuai kemampuan perusahaan, harus di syukuri dengan segenap hati.
Coba anda bayangkan apabila Hotel tersebut sudah tidak bisa menyediakan makanan buat anda, apalagi tidak bisa membayar gaji anda? apa yang terlintas di benak anda?? Anda Pindah ke hotel lain dan terjadi seperti itu juga... apa yang anda bisa bayangkan??
Keajaiban akan  terjadi ketika anda mengucap syukur dalam segala hal.
Amin
Salam Hotelier Sahabat Ku